TUGAS 11 - PERAN PENTING TEKNOLOGI (MARSELLA - 11180187)
1. Jelaskan menurut anda apa peran penting teknologi dalam perkembangan perusahaan ? dan apa keuntungannya ?
Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi memang mutlak dalam perusahaan sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan dan meningkatkan produktivitas.
Pembangunan teknologi informasi perusahaan dilakukan secara bertahap sebelum sebuah sistem holistik atau menyeluruh selesai dibangun. Hal tersebut harus disesuaikan dengan kekuatan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.
Dalam penerapannya, rencana strategis teknologi informasi akan senantiasa diselaraskan dengan rencana perusahaan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya akan menyebabkan setiap pimpinan perusahaan merasa perlu untuk menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja.
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dapat menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja.
Untuk dapat mengetahui peran penting teknologi bagi perusahaan adalah dengan mengetahui keuntungan-keuntungannya, yaitu:
1.
Minimize Risk
Tentu setiap bisnis mempunyai resiko terutama
pada factor keuangan. Saat ini berbagai jenis aplikasi telah tersedia dalam
upaya mengurangi resiko yang sering kali dihadapi pada bisnis seperti
forecasting, financial advisory, planning expert dan sebagainya.
Dengan adanya TI saat ini maka hal yang seperti
di sebutkan diatas akan dapat ditanggulangi karena TI mampu membabntu
perusahaan atau organisasi Anda dalam mengurangi resiko yang akan terjadi serta
dapat menjadi sarana dalam membantu manajemen pada pengelolaan resiko yang
sedang dihadapi.
2.
Reduce Costs
Sebagai katalisator pada perusahaan, IT juga
dapat digunakan sebagai pengurangan biaya operasional perusahaan yang pada
akhirnya berdampak pada profitabilitas perusahaan Anda. Berkaitan dengan hal
ini, terdapat empat cara yang akan ditawarkan TI dalam mengurangi biaya
kegiatan operasional, yaitu:
·
Reduce Costs
·
Eleminasi Proses
o
Simplifikasi Proses
o
Integrasi Proses
o
Otomatisasi proses
§ Add Value
§ Create New Realities
Di dalam setiap kegiatan bisnis, parameter produktivitas merupakan
salah satu hal utama untuk mengukur efektifitas dalam memanfaatkan seluruh
masukan atau input yang dikelola oleh perusahaan dalam menghasilkan output.
Produktivitas dapat diukur dengan cara membandingkan jumlah output
yang dihasilkan dengan jumlah input yang digunakan.
Saat ini, kemajuan teknologi diharapkan akan meningkatkan
produktivitas perusahaan, di mana produktivitas dianggap sebagai efek domino
yang dapat meminimumkan biaya, sehingga laba secara otomatis diharapkan juga
akan meningkat.
2.
Apa peran pentingnya teknologi informasi dalam
Bisnis ? Dan apa keuntungannya ?
Pembangunan
teknologi informasi dan komunikasi pada suatu perusahaan dilakukan secara
bertahap, hal tersebut disesuaikan berdasarkan kekuatan dari sumber daya yang
dimiliki oleh organisasi tersebut. Di dalam penerapannya tersebut, rencana
strategis dari suatu teknologi informasi senantiasa disesuaikan dengan rencana
dari perusahaan atau organisasi yang bersangkutan, supaya penerapan dari
teknologi informasi tersebut dapat menghasilkan nilai yang baik bagi perusahaan
atau organisasi tersebut.
Berbicara
tentang arsitektur pada teknologi informasi perusahaan, dalam penerapannya
teknologi informasi yang akan dilakukan dikategorikan sebagai berikut.
·
Aplikasi TI pada perusahaan atau organisasi
yang menjadi landasan dari berbagai aplikasi yang ada pada perusahaan atau
organisasi tersebut diantaranya yaitu network management, basis data, sistem
operasi dan lain sebagainya.
·
Aplikasi yang bersifat dasar merupakan aplikasi
TI yang akan di pakai dalam segala urusan dasar dari sumber daya perusahaan
atau organisasi. Misalnya sistem atau aplikasi akuntansi dan keuangan, sistem
penggajian, serta yang lain sebagainya yang berkaitan pada sumber daya
perusahaan.
·
Suatu aplikasi TI yang cocok dengan kebutuhan
yang spesifik pada perusahaan atau organisasi, khususnya yang berhubungan pada
proses penciptaan produk atau jasa yang akan ditawarkan antara lain seperti
aplikasi property, aplikasi akuntansi, aplikasi forwarding, aplikasi
pergudangan dan lain sebagainya.
Adapun beberapa keuntungan dari penerapan teknologi informasi dan
komunikasi pada suatu perusahaan atau organisasi, diantaranya:
·
Semua sistem yang tadinya bersifat manual pada
perusahaan atau organisasi tersebut berubah menjadi otomatis sehingga dapat
mengurangi biaya untuk tenaga kerjanya dan lain-lain.
·
Waktu pengerjaan dapat lebih cepat setelah
menerapkan TI, karena dengan penerapan TI dapat mempersingkat rantai birokrasi.
Misalnya yang awalnya selesai dalam satu minggu namun dengan menggunakan
teknologi informasi dan komunikasi dapat diselesaikan hanya dengan satu hari.
Apabila waktu tersebut kita konversikan ke dalam bentuk biaya maka akan
menghasilkan penghematan sekian rupiah.
·
Pengambilan keputusan akan menjadi lebih cepat.
Hal ini disebabkan, dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi maka data
yang diperlukan akan cepat diperoleh. Sehingga tentu akan menjadikan perusahaan
atau organisasi menjadi lebih kompetitif Karena dampaknya akan besar apabila
pengambilan keputusan agak lambat misalnya dapat kehilanga banyak order.
·
Penghematan biaya promosi dapat dilakukan
dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi sebab promosi dapat
dilakukan melalui online selain itu para konsumen juga akan dapat melihat
profile perusahaan atau organisasi Anda dari mana saja diseluruh dunia.
·
Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi maka akan lebih mudah terintegrasi di seluruh kantor atau cabang
perusahaan Anda tanpa harus mengunjungi cabang secara satu per satu.
Kesimpulannya adalah dengan menerapkan
teknologi informasi dan komunikasi di dalam suatu perusahaan atau organisasi
akan mampu menghemat biaya dalam semua aspek seperti tenaga kerja, proses,
pemasaran bahkan manajemen. Selain itu keuntungan lain yang diberikan adalah
dapat mempercepat perkembangan perusahaan dengan meningkatnya margin pada
perusahaan Anda.
3. Jelaskan menurut Anda apa peran pentingnya
teknologi informasi di masyarakat ? Menurut
anda apakah peran IT lebih positif atau negative ? Berikan contohnya !
Pelayanan publik bisa dibilang merupakan bagian penting dalam sebuah sistem pemerintahan karena dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat supaya bisa mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera. Tanpa adanya pelayanan publik yang baik, bisa dipastikan peluang masyarakat untuk hidup sejahtera pun berkurang. Berikut poin-poin perannya :
Membantu
menyalurkan aspirasi masyarakat
Aspirasi masyarakat bisa menjadi indikator terbaik untuk menentukan apakah pihak pemerintah sudah mampu memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Dengan media ini, masyarakat juga bisa mengeluarkan pendapat serta masukan yang berguna untuk jalannya pemerintahan. Bisa dibilang, aspirasi punya peranan yang amat penting dalam jalannya pemerintahan.
Dengan adanya teknologi informasi, aspirasi masyarakat bisa langsung disampaikan tanpa proses yang rumit. Pemerintah pun bisa mengetahui aspirasi dan keluhan masyarakat secara cepat dan akurat. Pemerintah DKI Jakarta adalah salah satu pemerintah daerah di Indonesia yang sudah memanfaatkan TI melalui aplikasi dan website penyalur aspirasi, BERiDE.
Memetakan
solusi yang tepat guna
Dengan
mudahnya akses pemerintah kepada aspirasi masyarakat, maka solusi untuk
mengatasi permasalahan yang ada di daerah pun menjadi lebih tepat guna. Tidak
ada lagi namanya masalah yang tidak segera ditangani. Ini karena pemerintah
bisa dengan mudah membuat skala prioritas terhadap masalah yang ada berdasarkan
urgensinya.
Pemanfaatan TI yang baik juga akan membantu pemerintah untuk mengelompokkan aduan masyarakat. Dengan demikian, penanganan terhadap masalah pun menjadi lebih tepat guna dan intensif. Saat ini sudah ada cukup banyak daerah yang memanfaatkan sistem seperti ini, salah satunya adalah Command Center milik Pemerintah Kota Surabaya.
Menyajikan
data akurat untuk pengambilan kebijakan
Kebijakan
pemerintah umumnya dikeluarkan guna memenuhi kepentingan umum yang dalam hal
ini menyasar masyarakat. Namun, ada kalanya kebijakan yang dikeluarkan
pemerintah tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Untungnya, kini teknologi
informasi mampu membantu pemerintah dalam memutuskan kebijakan.
Peran TI
dalam pengambilan kebijakan adalah dengan menyajikan data yang akurat dan
sesuai dengan data di lapangan. Data yang diperoleh kemudian dapat terintegrasi
secara baik, terutama data-data penting, baik melalui aplikasi internal
pemerintah ataupun aplikasi lainnya yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi
swasta.
Memberikan
informasi kepada masyarakat
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Pasal 2 tentang Keterbukaan Informasi, pemerintah daerah punya kewajiban untuk memberikan dan mendistribusikan informasi publik kepada seluruh lapisan masyarakat kecuali informasi penting yang bersifat rahasia. Teknologi informasi bisa memfasilitasi pemerintah daerah untuk melaksanakan perundang-undangan ini.
Saat ini, di Indonesia sudah banyak daerah yang memanfaatkan TI untuk menyebarkan informasi kepada masyarakatnya. Salah satunya adalah melalui pembuatan website resmi pemerintah daerah. Dari sini, masyarakat bisa mengakses informasi tentang data-data daerah, prosedur pengurusan surat, atau bahkan produk hukum dari pemerintah.
Memudahkan
masyarakat
Adanya inovasi teknologi memang dimaksudkan untuk memudahkan kehidupan manusia. Begitu pula dengan inovasi teknologi informasi. Masyarakat tidak harus melalui prosedur konvensional yang berbelit-belit seperti dulu. Dengan demikian, pelayanan publik pun semakin optimal dan tepat guna
Salah satu
contoh nyatanya adalah Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) di Surabaya.
Kini UPTSA telah dibekali dengan sistem online sehingga masyarakat tidak harus
datang ke kantor untuk mengurus perizinan dan surat-surat penting lainnya.
Dalam peran IT di masyarakat seimbang antara sisi positif maupun negatifnya , karena semua tergantung dari masyarakat sebagai pengguna atau user teknologi tsb.
4. Jelaskan menurut Anda apa peran penting
teknologi informasi dalam organisasi ?
Teknologi Informasi semakin berkembang pada masa sekarang ini, hal ini disebabkan manusia yang menuntut kecepatan untuk memenuhi segala kebutuhannya. Demikian pula halnya dengan organisasi yang sengat membutuhkan kecepatan untuk mendukung seluruh aktivitasnya dapat dilaksanakan secara cepat dan tentu saja dengan hasil yang baik, efektif, dan efisien. Inilah penyebab mengapa teknologi sangat diperlukan dan semakin diperbarui.
Teknologi dalam organisasi memiliki peran penting dalam mempelajari sifat-sifat dari teknologi suatu organisasi dan hubungan teknologi terhadap struktur organisasi, tetapi dalam penerapannya harus didasarkan karakteristik dari organisasi tersebut. Organisasi adalah sebuah sistem terbuka, dan teknologi organisasi merupakan jenis kegiatan internal yang terjadi dalam organisasi tersebut, dalam hal ini jelas sangat keterkaitan satu sama lain.
Penerapan teknologi dalam organisasi dapat memberikan dampak yang siginifikan pada efektifitas dan efisiensi serta meningkatkan daya saing karena teknologi informasi memberikan sejumlah data mengenai jalannya organisasi tersebut sehingga organisasi dapat memperoleh data-data yang diperlukan sebagai dasar mereka dalam mengambil keputusan startegis.
Dalam penerapan teknologi pada organisasi, terdapat pengaruh positif dan negatif. Contoh positif dalam penerapan teknologi ini seperti:
o
Sebagai media untuk mengawasi kinerja
organisasi.
o
Sebagai media untuk meningkatkan kualitas
informasi.
o
Sebagai media untuk menganalisa daya saing
organisasi.
o
Penghematan biaya, waktu, dan peningkatan
produktivitas.
o Untuk membantu aktivitas manajemen sumber daya manusia.
Selain pengaruh positif terdapat juga pengaruh negatif dalam penerapan teknologi, seperti:
o
Kemungkinan penyalahgunaan teknologi.
o
Tingginya kemungkinan masalah penolakan
penggunaan teknologi.
o
Mengurangi sifat sosial.
Penerapan teknologi informasi pada organisasi sesungguhnya sangat diperlukan dan penting, karena dapat membantu jalannya organisasi menjadi lebih baik. Namun, penerapannya perlu di kendalikan dengan baik pula agar dampak negatif dapat diminimalisir.
5. Jelaskan menurut Anda apa peran penting
teknologi informasi dalam e-commerce ? Berikan contohnya !
E-commerce adalah dimana dalam satu website
menyediakan atau dapat melakukan Transaksi secara online atau juga bisa
merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct
selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat
menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan
marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan
trading (perdagangan) .
Adapun pendapat mengenai pengertian E-Commerce
bahwa E-commerce mengacu pada internet untuk belanja online dan jangkauan lebih
sempit. dimana e-commerce adalah subperangkat dari E-Bisnis. cara
pembayarannya: melalui transfer uang secara digital seperti melalui account
paypal atau kartu credit Sedangkan, E-Bisnis mengacu pada internet tapi
jangkauan lebih luas. area bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu
berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau
penjualan di lakukan dengan internet. dengan begitu dapat memberikan keuntungan
berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. cara pembayarannya yaitu dengan
melaui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh dunia
dalam melakukan transaksi online.
Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat
barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat
melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang
dilakukan melalui e-mail.
Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan
koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman,
seperti Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan
Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard),
serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat
standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman.
Bahkan, Visa dan Master Card menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna
credit cardnya yang menggunakan e-com. Adapun proses yang terdapat dalam
E-Commerce adalah sebagai berikut :
-
Presentasi electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
-
Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
-
Secar otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening
maupun nomor kartu kredit).
- Pembayaran yang dilakukan secara
langsung (online) dan penanganan transaksi.
Adapun keuntungan yang diperoleh dengan
menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai
berikut :
-
Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya
lebih murah.
-
Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos
surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
-
Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran
yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
-
Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
0 komentar: